Depan KELOMPOK KARINDING DARMA ASIH MENDAPAT BANTUAN KEARIFAN LOKAL DARI KEMENSOS RI

KELOMPOK KARINDING DARMA ASIH MENDAPAT BANTUAN KEARIFAN LOKAL DARI KEMENSOS RI

Kelompok Kesenian Tradisional Karinding "Darma Asih" Desa Bunigeulis Kecamatan Hantara Kabupaten Kuningan pada tahun ini 2022 mendapatkan bantuan Kearifan lokal dari Kementrian Sosial RI sebesar Rp. 50.000.000,- (Lima Puluh Juta Rupiah). Bantuan ini dipergunakan untuk melengkapi peralatan Kelompok Karinding "Darma Asih" Desa Bunigeulis juga untuk penguatan ekonomi Produktif yakni untuk budidaya ikan Mujaer dan Budidaya Ternak Domba. Terselenggaranya bantuan sosial kearifan lokal dengan adanya pengadaan alat seni dan kegiatan - kegiatan baik itu rapat pengurus, pelatihan, pementasan seni maupun kegiatan penguatan ekonomi yaitu kerajinan tangan dapat meminimalisir tensi kriminalitas, tawuran, bentrokan-bentrokan antar warga yang kesalah pahaman yang menimbulkan bersifat anarkis yang dapat menyebarkan paham radikalisme dan terorisme. Dan manfaatnya kegiatan ini dapat mengurangi pengangguran, kebodohan, kemalasan dan kemiskinan. Sehingga dengan acara kegiatan ini dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat setenrpat serta meningkatkan nilai - nilai budaya lokal sebagai media dalam pencegahan paham radikalisme dan terorisme.

Tujuannya :

  1. Mencegah kerawanan konflik sosial dan penyebaran paham radikalisme yang mengarah pada terorisme.
  2. Meningkatkan ekonomi kelompok melalui kegiatan pelatihan dan pertunjukan seni tradisional.
  3. Menciptakan peluang bagi para peserta – peserta pelatihan, dan seniman disamping untuk mengekspresikan rasa seninya, juga untuk bisa mendapatkan keuntungan finansial dari karya seninya, dari jenis karya seni kriya yang kini banyak di jadikan sebagai cinderamata, dan diharapkan berdampak positif bagi penguatan, dan peningkatan ekonomi produktif didaerah.
  4. Mendorong dan memotivasi bagi pelaku industri seni kriya agar mampu mengembangkan material tanah liat untuk dijadikan sebuah karya ataupun benda yang dibuat tidak seperti pada umumnya tanpa tidak menghilangkan kegunaan serta fungsinya.
  5. Mendorong dengan mencari peluang kerja sama dengan berbagai pihak agar terakota Kuningan berkembang pesat.